Rabu, 09 Oktober 2013

Tugas 1. Sistem Informasi Psikologi

Sistem Informasi Psikologi

Tugas 1
Sistem Informasi Psikologi

A. Pengertian Informasi 
Bagaimana pengertian informasi sehingga dapat berinteraksi dengan sistem ?

Banyak dari kita sering mendengar, membaca ataupun menggunakan istilah "informasi", "dunia informasi," ataupun “teknologi informasi yang dalam bidang ilmu informasi dan ilmu komputer sangat sering menjadi sorotan. Akan tetapi kata "informasi" sering dipakai tanpa pertimbangan yang cermat mengenai berbagai arti yang dimilikinya (Wikipedia, 2013).

Informasi merupakan fungsi penting untuk membantu mengurangi rasa cemas seseorang. Menurut Notoatmodjo (dalam Wikipedia, 2013) bahwa semakin banyak informasi dapat memengaruhi atau menambah pengetahuan seseorang dan dengan pengetahuan menimbulkan kesadaran yang akhirnya seseorang akan berperilaku sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya.

Jadi, informasi adalah pesan berupa ucapan atau ekspresi ataupun kumpulan pesan yang terdiri dari simbol-simbol berupa angka, huruf, gambar dan lain sebagainya, yang memiliki makna sehingga dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan tersebut (Wikipedia, 2013).

Istilah "sistem" sering kali kita dengar dalam kesaharian, atau juga dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut (Wikipedia, 2013).

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kaitannya informasi dengan sistem adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi (Wikipedia, 2013).

B. Pengertian Sistem Informasi Psikologi 
Bagaimana penggunaan sistem informasi dalam psikologi?

Menurut Wundt (dalam Basuki, 2008) psikologi merupakan ilmu tentang kesadaran manusia. Selain itu psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah (Wikipedia, 2013).
Penggunaan sistem informasi dalam bidang psikologi belakangan ini cukup banyak. Mari kita lihat contoh kasus atau penerapannya dalam keseharian.


Salah satunya dalam hal penggunaan Sistem informasi dalam bidang psikologi sangat terlihat dalam e-counselling. Hal ini tentunya lebih memudahkan proses konseling antara konselor dengan kliennya, sehingga jarak dan waktu tidak lagi menjadi penghalang dalam proses konseling.

Sumber gambar: http://www.griefencounter.org.uk


Ada lagi penerapan sistem informasi dalam psikotest, di era informasi saat ini penggunaan sistem informasi dalam melakukan psikotest semakin meluas mulai dari psikotest untuk anak-anak sampai dengan level karyawan.

Sumber gambar: http://wwsmothhitam.blogspot.com


Berikut diatas adalah beberapa contoh dari penggunaan sistem informasi dalam psikologi.
Maka dari itu, analisisnya dalam penggunaan sistem informasi dibidang psikologi adalah sangat penting, yang dimana penggunaan teknologi sudah sangat meluas, sehingga penggunaan cara manual sudah menjadi semakin ketinggalan, hal ini perlunya pengembangan sistem informasi dalam mendukung dan mengembangkan berbagai aspek-aspek dibidang psikologi, dengan catatan semua itu harus melalui prosedur dan tahapan ilmiah sehingga tidak mengurangkan realibilitas dan validitas.

Referensi:
Basuki, A. M. H. (2008). Psikologi Umum. Jakarta: penerbit gunadarma
http://id.wikipedia.org/wiki/Informasi
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem
http://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi
http://stie-kusumanegara.ac.id
http://www.griefencounter.org.uk
http://wwsmothhitam.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar